Cara Membiayai Kuliah dengan Uang Sendiri

cara, kuliah, uang, biaya, sendiriPada zaman sekarang ini pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Kalau dulu, orang sekedar tamat SMP saja tidak begitu masalah. Namun, pada zaman sekarang ini akan cukup sulit jika seseorang tidak berpendidikan tinggi. dia akan sulit mendapatkan pekerjaan dan mengikuti perkembangan zaman.

Hal inilah yang membuat orang-orang ingin kuliah di perguruan tinggi. Mengingat manfaat yang akan didapatkan, sebagian para orang tua rela menjual tanahnya agar bisa membiayai kuliah anaknya.

Manfaat yang didapatkan dari kuliah itu sangat banyak diantaranya yaitu meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, menambah wawasan, meningkatan kedewasaan, meningkatkan kematangan berfikir dan lain-lain. Makanya, tidak heran kalau sekarang ini kuliah di perguruan tinggi itu merupakan dambaan bagi banyak orang

Bagi orang kelas atas, biaya kuliah itu tidak terasa begitu berat. Namun, bagi orang kelas menengah kebawah tentu hal ini terasa sangat berat. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan cara membiayai kuliah dengan uang sendiri. Dengan menerapkan cara ini, insya Allah Anda bisa mandiri dan meringankan beban orang tua Anda.

Jika Anda terlahir dari keluarga yang kaya maka tidak ada salahnya juga Anda membaca artikel ini. Karena, rasanya akan sangat bangga sekali jika kita bisa membiayai kuliah kita dengan uang sendiri. Adapun cara untuk membiayai kuliah dengan uang sendiri antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Cari beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan mahasiswa untuk meringankan biaya kuliah. Biasanya beasiswa ini terbagi menjadi dua yaitu beasiswa berprestasi dan berprestasi untuk orang yang kurang mampu.

Untuk mendapatkan beasiswa berprestasi tentunya Anda IPK Anda harus tinggi. Jadi, usahakan untuk mempertahankan IPK Anda, karena IPK juga mempengaruhi Anda dalam mendapatkan beasiswa.

Kemudian, Anda juga harus rajin mencari informasi dan selalu tetap semangat dalam mengurus administrasinya. Biasanya informasi beasiswa ini bisa Anda dapatkan dari papan pengumuman yang ada di kampus, internet, teman kita dan lain-lain.

2. Kerja sambil kuliah

Selain mencari beasiswa, Anda juga bisa membiayai kuliah sendiri dengan bekerja. Pada dasarnya ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah. Namun, Anda harus pandai memilih pekerjaan yang cocok untuk Anda. Jangan sampai pekerjaan yang Anda jalani banyak menyita waktu dan membuat Anda kelelahan sampai Anda tidak bisa mengerjakan tugas kuliah.

Adapun pekerjaan yang cocok untuk seorang mahasiswa yaitu guru privat, guru ngaji, penyiar radio, MC dan lain-lain. Apabila Anda sudah memiliki pekerjaan maka Anda harus membagi waktu Anda dengan baik. Dalam hal ini, Anda perlu membuat jadwal kegiatan Anda sehari-hari.

3. Berbisnis

Bisnis merupakan cara yang paling bagus untuk membiayai kuliah sendiri. Dengan berbisnis, Anda bisa meningkatkan penghasilan Anda secara drastis. Dan, bahkan bisnis itu bisa menjamin masa depan Anda nantinya.

Pada kenyataannya banyak sekali orang menjadi kaya dari bisnis yang dimulai sejak kuliah. Jika Anda kreatif maka Anda akan banyak melihat peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda. adapun bisnis-bisnis yang bisa dirintis oleh mahasiswa antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Percetakan seperti spanduk, sertifikat, kartu nama dan lain-lain
  2. Rental komputer, fotocopy, toko buku dan lain-lain
  3. Jasa pengetikan, jasa instal ulang komputer, service komputer, fotografer
  4. Buka Warung makan, kantin atau menjual makanan ringan
  5. bisnis online
  6. Penulis Freelance
  7. Taman Bacaan
  8. Bisnis Pakaian dan aksesoris
  9. dll

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *