Cara Cepat Menyelesaikan Kuliah di Perguruan Tinggi

cara, menyelesaikan, kuliah, perguruan, tinggi, mahasiswa, dosen, tamat, nilai, bagus, strategi, perencanaan, belajar, manajemen, waktu

Setiap mahasiswa tentunya menginginkan agar dia bisa menamatkan kuliahnya dengan cepat. Namun, pada kenyataannya banyak juga mahasiswa yang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menamatkan kuliah.

Pada dasarnya ada banyak hal yang menyebabkan mahasiswa lambat tamat diantaranya yaitu sering mengulang mata kuliah karena mendapatkan nilai dibawah standar, lama menyelesaikan magang, dan lama menyelesaikan skripsi.

Tantangan terbesar untuk tamat dengan cepat itu biasanya terletak pada menyelesaikan skripsi. Mahasiswa sering kali lambat tamat kuliah disebabkan oleh kesulitan dalam mengerjakan skripsi.

Kita akan coba bahas satu persatu penyebab mahasiswa tamat kuliah. Pertama, kita akan bahas tentang mahasiswa yang sering mengulang mata kuliah. Jadi, mahasiswa sering mengulang mata kuliah karena dia sering mendapatkan nilai dibawah standar seperti nilai E atau D.

Jika mata kuliah yang diulang adalah mata kuliah bersyarat maka akibatnya akan jauh lebih buruk lagi. Hal ini akan membuat mahasiswa tersebut tidak bisa mengambil mata kuliah lanjutan dari mata kuliah sebelumnya.

Selain itu, jika mahasiswa banyak memiliki nilai E, maka IP mahasiswa itu dibawah 3, akibatnya mahasiswa tersebut tidak bisa mengambil 24 sks pada semester berikutnya. Karena, biasanya syarat untuk mengambil 24 sks itu IP minimal 3. Jadi, akan sangat rugi sekali jika mahasiswa bermalas-malasan pada semester awal.

Lalu, masalah mahasiswa yang lama menyelesaikan magang itu biasanya disebabkan karena kesulitan menemukan tempat magang. Kemudian, mengenai mahasiswa yang lama menyelesaikan skripsi.

Pada dasarnya ada banyak hal yang menyebabkan mahasiswa lama menyelesaikan skripsi diantaranya yaitu kesulitan menentukan judul skripsi, kesulitan mengerjakan skripsi dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba sedikit berbagi kepada Anda tentang cara mengantisipasi berbagai masalah yang menyebabkan mahasiswa tamat kuliah. Dalam hal ini, kita akan menggunakan strategi jitu dalam menyelesaikan perkuliahan dengan cepat. Adapun strateginya yaitu sebagai berikut :

1. Selalu dengarkan dosen ketika menerangkan

Penyebab terbesar mahasiswa mendapatkan nilai jelek yaitu karena mahasiswa tersebut malas memperhatikan dosen ketika dosen menerangkan. Hal inilah yang membuat mereka tidak mengerti dengan materi kuliah tersebut lalu tidak bisa menjawab soal ujian dengan baik.

Untuk itu, selalulah perhatikan dosen ketika dia menerangkan materi kuliah. Coba simak baik-baik apa perkataan yang sering diulang-ulangnya. Karena, biasanya dosen memberikan soal ujian MID ataupun UAS dari perkataan yang sering diulang-ulangnya.

Jangan lupa mencatat hal-hal yang sering diulangnya itu di buku binder Anda. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan sangat ingat dengan materi yang diajarkannya. Sehingga, Anda tidak khawatir lagi dalam mengikuti ujian nanti.

2. Selalu kerjakan tugas kuliah dengan baik

Kebanyakan orang yang lambat tamat kuliah disebabkan karena lalai, tidak punya target dan juga perencanaan. Hal inilah yang membuat dia jadi mengabaikan tugas kuliah. Akibatnya, ketika ujiannya rendah, nilai tugasnya tidak dapat membantu.

Untuk itu, selalu kerjakan tugas dengan baik. jangan biasakan menggunakan metode sks (sistem kebut semalam). Karena, tugas yang dikerjakan dengan sistem kebut semalam hasilnya tidak bagus dan kita jadi tidak menguasai materi dengan baik.

3. Gunakan Metode belajar dengan benar

Dalam menyelesaikan perkuliahan, rajin saja tidak cukup. Kita juga perlu menggunakan metode belajar yang benar. Pada kenyataannya banyak orang yang rajin belajar, tapi karena dia tidak tahu metode belajar yang benar, akhirnya dia jadi lupa lagi dengan materi yang sudah dipelajari.

Metode belajar yang benar adalah metode belajar yang menggunakan pengulangan. Jadi, pada saat Anda membaca, coba ulang-ulang apa yang sudah Anda baca itu. Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam belajar. Lebih baik Anda membaca 1 buku sebanyak 4 kali daripada membaca 4 buku sebanyak 1 kali. Jika Anda membaca secara berulang kali maka materi tersebut akan sangat melekat di kepala Anda.

Untuk menggunakan metode pengulangan ini tentunya Anda harus menyenangi setiap mata kuliah yang anda pelajari. Hal ini akan membuat Anda menjadi betah untuk mempelajarinya berulang kali.

Alangkah bagusnya jika Anda curi start dibanding mahasiswa lainnya. Curi start itu maksudnya seperti ini, ketika kuliah libur, Anda mempelajari materi kuliah untuk semester yang akan Anda jalani. Dengan begitu, Anda lebih dulu menguasai materi kuliah sebelum perkuliahan dimulai. Pada saat perkuliahan dimulai kembali, Anda akan sangat mengerti dengan penjelasan dosen ketika dia menerangkan.

4. Buat kelompok belajar

Kelompok belajar sangat membantu kita dalam bertukar fikiran dan membuat kita enjoy dalam belajar, sehingga jika ada pelajaran yang tidak kita mengerti, kita bisa bertanya kepada teman kita.

Bagi seorang mahasiswa untuk membuat kelompok belajar itu sangat mudah. Karena, pada umumnya mahasiswa itu ngekos. Jika Anda ingin buat kelompok belajar Anda tinggal ngajak teman-teman untuk ngumpul di kos Anda lalu belajar bersama-sama.

Supaya belajar kelompok berjalan dengan baik, cobalah untuk mengajak teman-teman yang serius untuk belajar. Karena, biasanya jika ada teman yang tidak serius untuk belajar kelompok, dia akan mengganggu teman-teman yang lain. Hal ini akan merusak suasana belajar.

5. Ambil semester pendek jika memungkinkan

Semester pendek merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu mahasiswa untuk tamat kuliah. Jika situasi memungkinkan Anda untuk mengambil semester pendek maka lebih baik Anda ambil saja kesempatan tersebut. Karena, itu juga bisa menunjang Anda untuk cepat tamat kuliah.

Sebagian mahasiswa tidak mau mengambil semester pendek karena dia tidak punya uang untuk membayar uang semester pendek. Jika Anda mengalami masalah seperti ini maka Anda bisa mengatasinya dengan mencari kerja sambilan atau bisnis sampingan.

Pada kenyataannya banyak sekali kerja sambilan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa seperti mengajar privat, mengajar ngaji, penjaga toko, kerja di catering, bisnis online, dan lain-lain. Dulu, waktu kuliah, saya sering kali cari kerja sambilan untuk membiayai kuliah. Rasanya sangat menyenangkan sekali bisa cari kerja sambilan ketika menjadi seorang mahasiswa.

6. Cermat dalam memilih mata kuliah

Sebelum Anda mengisi matakuliah pada KRS Anda, sebaiknya Anda ukur dulu kesulitan mata kuliah tersebut. Untuk mengetahui tingkat kesulitan dari mata kuliah yang akan Anda ambil, Anda bisa berkonsultasi dengan penasehat akademik ataupun senior Anda di kampus.

Setelah konsultasi, Anda akan dapat gambaran tentang mata kuliah yang akan Anda ambil. Setelah dapat gambaran, ambillah keputusan dengan bijak. Jika Anda merasa mampu mendapatkan nilai bagus untuk mata kuliah itu dan yakin bisa mendapatkan IP minimal 3,0 maka ambillah mata kuliah itu.

Namun, jika rasanya mata kuliah itu cukup sulit maka sebaiknya ambil mata kuliah yang lebih mudah. Karena, hal ini sangat menentukan IP Anda nantinya. Jika IP Anda tidak mencapai 3 maka Anda tidak bisa mengambil 24 sks pada semester berikutnya.

7. Aktif di Kelas

Salah satu penilaian dosen adalah keaktifan mahasiswa ketika di kelas. Dosen sangat suka dengan mahasiswa yang aktif dan suka duduk di bangku paling depan. Dengan duduk di bangku paling depan, itu mencerminkan kalau mahasiswa tersebut serius mengikuti perkuliahan. Ketika ada diskusi kelompok, dosen paling suka dengan mahasiswa yang suka berbicara dan bertanya.

Untuk itu, ketika Anda mengikuti perkuliahan, coba usahakan untuk duduk di bangku paling depan, tujuannya. Selain disukai dosen, duduk di bangku paling depan juga dapat meningkatkan semangat Anda dalam mengikuti perkuliahan. Kemudian, cobalah untuk sering bertanya jika Anda kurang mengerti di kelas. Dan, usahakan juga untuk banyak berbicara ketika ada presentasi kelompok.

8. Sering konsultasi

Supaya kuliah Anda bisa terencana dengan baik, maka Anda perlu sering-sering konsultasi dengan senior Anda. Karena, pengalaman mereka akan sangat berguna bagi Anda. Konsultasi dengan senior itu bisa menambah wawasan Anda tentang menyelesaikan berbagai macam mata kuliah, terutama tentang magang dan skripsi. Konsultasi dengan senior itu juga lebih santai. Anda bisa bebas bertanya tanpa rasa segan.

Selain itu, Anda bicoba konsultasi juga dengan dosen tentang judul skripsi yang akan Anda angkat, dengan begitu anda akan banyak dapat masukan tentang judul skripsi bagus dan cocok untuk Anda.

9. Manajemen waktu dengan baik

Pada dasarnya manajemen waktu itu sangat penting bagi seorang mahasiswa. Jika seorang mahasiswa tidak bisa manajemen waktu dengan baik maka semua tugas kuliah tidak bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Adakalanya mahasiswa dituntut untuk mengerjakan banyak tugas dalam waktu singkat. Untuk itu, mahasiswa membagi waktu untuk masing-masing tugas kuliah. Biasanya kesalahan mahasiswa itu terlalu focus terhadap satu tugas kuliah, sehingga waktu banyak tersita untuk satu tugas tersebut dan tidak bisa menyelesaikan tugas kuliah yang lain.

Jadi, aturlah waktu untuk setiap kegiatan kuliah Anda, baik itu mengerjakan tugas maupun mengerjakan skripsi. Susunlah perencanaannya dengan baik, targetkan berapa lama pengerjaannya, sehingga Anda tidak menunda-nunda kegiatan tersebut.

10. Sering datang ke kampus ketika Anda sudah semester akhir

Salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan mahasiswa yaitu malas datang ke kampus ketika sudah semester akhir. Hal ini disebabkan karena mata kuliah yang harus diselesaikan tinggal skripsi, mata kuliah yang lain sudah selesai. Jadi, tidak perlu ngisi absen lagi.

Jika seandainya Anda jarang datang ke kampus maka Anda akan malas untuk mengerjakan skripsi. Meskipun Anda tidak perlu lagi mengisi absen, namun Anda tetap perlu ke kampus. Dengan sering datang ke kampus, Anda akan termotivasi dan banyak mendapat masukan terhadap skripsi yang Anda kerjakan.

11. Shalat tahajud, shalat duha dan sedekah

Ibadah merupakan hal yang paling penting. ini berlaku untuk semua hal. Jika kita rajin beribadah maka insya Allah semua urusan kita akan dimudahkan. Jadi, selain melakukan ibadah wajib, Anda juga perlu melakukan ibadah sunah seperti shalat tahajud, duha dan juga bersedekah.

Dengan melakukan ibadah wajib dan sunah, maka insya Allah urusan kuliah Anda akan dimudahkan. Namun, niat ibadah yang Anda lakukan perlu dilandasi dengan hati yang ikhlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *