Cara Jitu Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

cara, mendapatkan, ilmu, pengetahuan, jitu

Ilmu memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Dengan adanya ilmu, hidup kita menjadi terarah, semua urusan kita akan terasa lebih mudah dan kita menjadi lebih dihargai oleh orang lain. Jika kita perhatikan, ada sekian banyak orang belajar di suatu tempat, namun masing-masing orang tersebut tidak memperoleh ilmu yang sama.

Sebagai contoh yaitu di sekolah. Seperti yang kita tahu dalam satu kelas di sekolah ada sekian banyak orang yang belajar. Meskipun mereka semua diberikan materi yang sama dan diajar oleh guru yang sama. Namun, masing masing dari mereka tidak memperoleh ilmu yang sama.

Tahukah Anda mengapa hal itu bisa terjadi ? Jawabannya karena tidak semua orang tahu cara memperoleh ilmu. Jadi, sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahui cara memperoleh ilmu.

Pada dasarnya Ilmu yang ada di dunia ini berawal dari sebuah persoalan yang tidak terjawab. Dari persoalan itu dikembangkan menjadi beberapa pertanyaan yang kemudian ditemukanlah berbagai macam jawabannya. Setelah itu, dari beberapa jawaban tersebut, disusunlah teori tentang persoalan tersebut.

Terkadang, dalam kehidupan ini sering kali terlintas berbagai pertanyaan untuk hal-hal yang tidak kita mengerti, dimana hal-hal tersebut mengacu kepada berbagai macam aspek dalam kehidupan kita.

Namun, hal yang sering terjadi adalah kita lebih banyak mengabaikan pertanyaan tersebut. Padahal, jika kita membuat daftar pertanyaan untuk hal tersebut, lalu mencari tahu jawabannya, tentu saja hal itu akan bermanfaat bagi kehidupan kita.

Misalnya kita sedang belanja sesuatu di sebuah toko barang harian. Disitu kita melihat pembelinya sangat ramai. Padahal, toko tersebut tidaklah begitu besar. Kemudian, spontan terlintas di fikiran kita, kenapa ya toko itu bisa ramai?

Kemudian, karena kita tidak begitu antusias dengan hal tersebut, maka setelah kita tiba dirumah, pertanyaan tadi bisa jadi tidak terfikirkan lagi sama kita. Hal ini disebabkan karena keingintahuan kita terhadap hal itu tidaklah begitu besar.

Jika seandainya kita mengembangkan pertanyaan tersebut dan mencari tahu jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Maka, suatu saat jika kita ingin membuka usaha, kita tidak kebingungan lagi. Dari pertanyaan sederhana tadi, kita bisa mengembangkan berbagai pertanyaan seperti dibawah ini.

Apa yang mempengaruhi orang untuk belanja di suatu tempat ?

Berapakah modal minimal untuk membuka usaha barang harian?

Bagaimana cara mengetahui prospek suatu usaha?

Barang apa yang paling laris di toko barang harian?

Coba Anda bayangkan jika kita mencari tahu jawaban atas pertanyaan yang telah kita kembangkan tadi, tentu saja kita akan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat.

Newton adalah ilmuwan fisika yang sangat terkenal. Tahukah Anda apa yang membuat dia terkenal sehingga teorinya dijadikan referensi di seluruh dunia?

Newton adalah orang yang punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dia suka memperhatikan fenomena alam. Pada suatu ketika, dia melihat bola yang dilempar keatas akan kembali jatuh ke tanah.

Setelah melihat bola kembali terjatuh, tiba-tiba dia heran dan mempertanyakan hal itu terjadi. Selama ini belum pernah ada yang mempertanyakan hal tersebut, hanya dia lah yang mempertanyakan hal tersebut.

Coba Anda bayangkan, hanya karena dia mempertanyakan hal yang sederhana tersebut, dia bisa menemukan bahwa bumi memiliki gaya gravitasi. Seandainya kita hidup pada zaman itu, mungkin kita akan berfikir apa pentingnya kita mempertanyakan bola yang jatuh ke lantai. Maka dari itu, jangan pernah kita menganggap sepele hal yang sederhana.

Pada kesempatan ini saya akan berikan strategi memperoleh ilmu, adapun caranya yaitu sebagai berikut :

1. Tingkatkan rasa ingin tahu Anda dan jeli melihat hal yang terjadi di sekitar Anda

Mulai dari sekarang, coba Anda tingkatkan rasa ingin tahu Anda terhadap berbagai hal. Coba Anda lebih jeli melihat hal-hal yang ada disekitar Anda. Ketika terlintas suatu pertanyaan di fikiran Anda, maka pupuklah rasa penasaran tersebut.

2. Buat daftar pertanyaan dan temukan jawabannya

Setelah Anda menemukan sebuah persoalan yang tidak terjawab, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan persoalan tersebut menjadi beberapa pertanyaan. Beberapa pertanyaan tersebut akan menjadi rumusan masalah yang harus Anda pecahkan.

Setelah itu, temukan sesegera mungkin jawaban atas pertanyaan itu. Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dari browsing di internet, baca buku atau bertanya kepada orang lain.

3. Tulislah teori yang Anda dapatkan dari jawaban yang Anda temukan

Jika Anda sudah menemukan jawaban atas persoalan yang menjadi rasa penasaran anda maka anda jangan lupa untuk menuliskan teori tentang persoalan tersebut, tulislah dengan struktur dan mudah dipahami.

Jika Anda melakukan ketiga langkah diatas, maka insya Allah Anda akan mudah memperoleh berbagai ilmu yang ada di dunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *