Cara belajar menulis untuk jadi penulis terkenal dan Memenangi Lomba

cara, belajar, menulis, artikel, blog, penulis, terkenal, lomba

Mengapa kita harus Belajar Menulis ? alasannya karena menulis memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu bisa dijadikan passive income kita. Jika kita sudah menerbitkan buku maka kita akan menerima royalti secara terus menerus selama buku kita laku di pasaran. Selain itu, menulis juga merupakan kegiatan yang mulia, salah satu amalan yang tidak akan putus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat.

Belajar menulis adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Belajar menulis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk mahir menulis, latar belakang pendidikan Anda tidak harus dari jurusan sastra. Karena, pada kenyataannya banyak sekali penulis terkenal yang latar belakang pendidikannya bukan dari jurusan sastra.

Untuk itu, jika latar belakang pendidikan Anda bukan dari jurusan sastra, maka Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati. hal itu sama sekali tidak akan menghambat Anda untuk menjadi penulis terkenal, yang terpenting adalah Anda punya passion terhadap menulis dan punya komitmen yang kuat untuk menjadi penulis terkenal.

Pada dasarnya ada banyak sekali karya tulis yang bisa kita buat agar kita bisa menjadi penulis terkenal ataupun menjadi pemenang lomba menulis. Contoh karya tulis tersebut antara lain yaitu novel, cerpen, essai, buku non fiksi, karya ilmiah, biografi, puisi dan lain-lain

Untuk itu, kali ini saya akan coba bagikan cara untuk menjadi seorang penulis terkenal, adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang penulis terkenal yaitu sebagai berikut :

1. Tentukan Topik

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan topik untuk tulisan yang akan kita buat. Dalam menentukan topik, Anda perlu mencari topik yang Anda sukai. Karena, topik yang Anda sukai akan membuat Anda antusias, sehingga Anda akan penuh semangat dalam menulis.

Kalau Anda sudah menentukan topik untuk tulisan Anda, buatlah sedikit catatan tentang topik Anda tersebut. Catatan tersebut nantinya akan menjadi bahan dasar untuk judul dan kerangka karangan tulisan Anda. Jika Anda kesulitan untuk menentukan topik maka Anda perlu berusaha untuk menemukan inspirasi. Kebanyakan orang malas untuk menemukan inspirasi, ketika dia tidak tahu mau menulis apa, dia tidak berusaha mencari inspirasi untuk tulisan yang akan dia buat.

Bagaimanakah menemukan sebuah inspirasi untuk menulis?

Stephen King adalah seorang penulis terkenal, dia mengatakan” Jika kita ingin menjadi penulis maka kita harus banyak membaca dan banyak menulis” Dengan banyak membaca, kita akan menemukan banyak sekali inspirasi. Pada umumnya karya tulis yang ada di dunia ini terinspirasi dari karya tulis sebelumnya.

Jika kita analogikan, otak kita itu ibarat sebuah pabrik. Bisakah sebuah pabrik memproduksi sesuatu jika tidak memiliki bahan baku? jawabannya tentu saja tidak, begitu juga dengan otak kita.

Jadi, untuk menentukan topik, otak kita membutuhkan bahan baku yang nantinya akan diolah menjadi sebuah tulisan. Dalam hal ini, bahan baku tersebut sangat beragam antara lain yaitu buku yang kita baca, film yang kita tonton, pengalaman hidup kita, pengalaman orang-orang di sekitar kita dan lain-lain.

Inspirasi itu bisa datang kapan saja, misalnya pada saat Anda sedang pergi jalan-jalan bersama keluarga Anda atau pada saat Anda sedang melakukan kegiatan sosial dan lain-lain. Untuk itu, selalu siapkan buku catatan dan pena Anda.

Jika Anda lebih suka menulis di tablet ataupun smartphone juga tidak masalah. Namun, alangkah baiknya jika Anda menulisnya di buku catatan karena sewaktu-waktu bisa saja tablet atau smartphone Anda kehabisan baterai.

2. Tentukan gaya penulisan

Setelah anda menentukan topik, sangat penting sekali bagi Anda untuk menentukan gaya penulisan. Caranya adalah dengan melihat siapa yang akan menjadi pembaca Anda.

Jika Anda menulis yang segmennya dewasa, tentu saja gaya penulisanya juga dewasa. Aneh juga kan kalau gaya penulisannya menggunakan bahasa remaja. Dengan seringnya Anda membaca, maka seiring berjalannya waktu Anda akan banyak dapat masukan dan juga inspirasi bagaimana membuat gaya penulisan.

3. Buat kerangka karangan

Kerangka karangan sangat membantu bagi seorang penulis, manfaat dari kerangka karangan ini adalah supaya tulisannya tidak keluar dari ruang lingkup tulisan yang kita buat. Selain itu, kerangka karangan juga membantu penulis agar tulisannya menjadi sistematis, Dengan begitu, pembaca akan mudah memahaminya.

Cara membuat kerangka karangan ini sangat mudah sekali yaitu dapat dilakukan dengan cara membuat bab dan juga sub bab dari buku tersebut.

4. Buatlah Deadline

Deadline sangat penting bagi seorang penulis. Jika kita tidak punya deadline, kita akan menunda-nunda untuk menulis. Hal ini yang membuat tulisan kita gak selesai. Coba anda perhatikan olahraga sepakbola. Jika dalam olahraga sepakbola tidak ditentukan waktu permainannya 90 menit, kira-kira apakah yang akan terjadi?

Jawabannya tentu saja semua pemain bola tersebut tidak akan semangat untuk mencetak gol dan permainan tidak akan pernah berakhir. Untuk itu, buatlah sebuah target setiap harinya, cara membuatnya tentukan jumlah minimal halaman yang harus anda tulis setiap hari, misalnya Anda tentukan target menulis 3 halaman dalam waktu 2 jam. Jika Anda melakukan hal ini maka Anda akan konsisten dan terus mempertahankan komitmen anda dalam menulis.

5. Siapkan Referensi

Dengan mencari banyak referensi, Anda akan mendapatkan banyak inspirasi. Hal itu tentu saja bisa memperkaya tulisan Anda. Dan, nantinya tulisan Anda akan menjadi sangat powerful. Pada zaman sekarang ini untuk mendapatkan referensi sangatlah mudah. Karena, di zaman ini teknologi berkembang begitu pesat. Ada jutaan informasi yang bisa kita dapatkan dari internet

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan referensi dari buku-buku ataupun pengalaman orang lain. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan referensi dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar kita.

6. Menulislah dengan bebas

Pada dasarnya hal yang menyebabkan seseorang itu sulit untuk menulis yaitu karena fikiran dan perasaannya terbebani. Biasanya hal yang menjadi beban fikiran orang tersebut yaitu takut nanti tulisannya tidak bagus, takut kalimat yang ditulisnya tidak nyambung, takut kalimatnya tidak sesuai dengan ejaan yang benar, takut nanti tulisannya diketawakan oleh orang lain. Ketakutan seperti inilah yang membatasi seseorang dalam menulis.

Jadi, jika Anda merasa kesulitan memulai dari mana, cobalah untuk menulis bebas. Tuangkan apa pun yang ada dalam pikiran dalam bentuk tulisan, biasanya Anda akan langsung terbawa dan tanpa sadar telah menulis sebuah jalan cerita. Stephen King adalah seorang penulis terkenal, dia pernah mengatakan”Jika kita ingin mahir menulis maka sangat penting bagi kita untuk membebaskan jiwa kita dari rasa takut akan terjadi kesalahan. Pada saat menulis abaikan saja ejaan dan tanda baca, biarkan imajinasi terbang bebas.”

Jadi, supaya Anda mahir menulis, Anda tidak perlu takut jika nanti tulisan Anda tidak sesuai dengan ejaan ataupun tanda baca yang benar. Dan, Anda juga tidak perlu takut jika nanti ada orang yang menertawan tulisan ataupun takut jika nanti penerbit tidak mau untuk menerbitkan naskah Anda. Buang saja semua fikiran negatif tersebut dan cobalah untuk menulis dengan bebas.

Tulis saja dulu apa yang ingin Anda tulis, jangan hiraukan hasilnya. Mengenai susunan kalimat, Anda bisa mengeditnya setelah Anda selesai menulis, yang penting Anda jangan sampai membatasi inspirasi yang ada di fikiran Anda

Jika Anda lelah atau jenuh dalam menulis, cobalah Anda keluar sebentar melihat pohon-pohon yang ada dirumah Anda. Kemudian, coba Anda lakukan olahraga kecil-kecilan. Hal ini akan membuat semangat Anda nyala kembali.

Alangkah bagusnya jika Anda mencari tempat yang nyaman dalam menulis. Dan, sediakan juga buah-buahan atau makanan ringan di tempat Anda menulis, hal ini akan membuat Anda lebih enjoy dalam menulis.

7. Review Tulisan Anda

Jangan ragu untuk membaca ulang tulisan. Setiap selesai satu bab, bacalah kembali. Apakah ritmenya sudah mengalir atau masih ada kesalahan penulisan.

Agar lebih mudah, buatlah hard copy usai menulis. Buat juga lampiran lengkapnya, seperti cover dan daftar isi. Kemudian baca kembali tulisan Anda dan catatlah apa yang perlu Anda perbaiki. Cara seperti ini jauh lebih efektif ketimbang Anda mengeditnya melalui komputer.

8. Minta Testimoni dari Orang Terdekat

Setelah Anda selesai menulis, pilihlah rekan yang Anda percaya untuk membaca karya tersebut. Setidaknya, biarkan ia dibaca oleh tiga orang yang berbeda. Mintalah masukan tentang kelebihan dan kekurangannya.

Jangan takut akan kritik, jadikan kritik itu sebagai sarana untuk bisa menulis lebih baik. Tetapi tak perlu terlalu mengikuti, biarkan karya tersebut tetap menjadi milik Anda. Dalam hal ini, Anda tak perlu mengubah jalan cerita atau gaya penulisan hanya karena satu orang rekan yang komplain. Namun, Anda boleh saja merevisi di sana-sini bila tulisan Anda yang mereka anggap kurang menggigit.

9. Publish atau Kirim ke Panitia Perlombaan

Setelah Anda selesai merevisi tulisan Anda, maka cobalah untuk mempublish tulisan Anda. Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk mempublish tulisan Anda, seperti ngajukan naskah ke penerbit atau bisa juga dengan mempublish tulisan Anda ke internet yaitu mempublishnya ke blog Anda.

Perlu Anda ketahui, banyak sekali penulis terkenal yang memulai karirnya dari menulis di blog. Karena, menulis di blog itu dapat meningkatkan branding penulis artikel blog tersebut. Jika branding Anda sudah sangat terkenal di dunia maya, tentu saja penerbit akan mau menawarkan tulisan Anda untuk diterbitkan.

Selain itu, cobalah untuk mengikuti lomba menulis, siapa tahu tulisan yang Anda buat memenangkan perlombaan. Pada kenyataannya ada banyak sekali lomba menulis yang diadakan di internet, diantaranya yaitu lomba menulis cerpen, lomba menulis novel, lomba menulis essai, lomba menulis karya ilmiah dan lain-lain. Dan, perlu Anda tahu juga biasanya hadiah yang disediakan pada lomba menulis itu cukup besar.

Selain mendapatkan hadiah, keuntungan yang didapatkan pemenang yaitu namanya semakin terkenal dan akan mendapat banyak tawaran dari penerbit buku untuk menerbitkan tulisannya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan Anda.

Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara belajar menjadi seorang penulis terkenal. Semoga bermanfaat dan nantikan terus artikel terbaru dari saya. Terima kasih atas kunjungannya.

Salam Rahasia

Nico Manggala, ST

2 Responses to Cara belajar menulis untuk jadi penulis terkenal dan Memenangi Lomba

  1. Wuri marsela says:

    Terimakasih,tulisan ini sangat membantu sekali. Saya ingin mencoba untuk menulis tapi masih kurang banyak pengetahuan,Dan masih ragu untuk menulis. Tapi setrlag baca tulisan ini saya akan coba menulis dan biasakan bawa ctt kecil kemana2. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *