Nikmatnya Kata-kata Syukur untuk Hidup Bahagia

nikmatnya, kata, syukur, hidup, bahagia, uang, rezeki, makan

Dalam kehidupan ini, Allah SWT sudah memberikan kita nikmat dan anugerah yang sungguh tak terhingga nilainya. Nikmat tersebut seperti mata untuk melihat, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, lantai yang kita pijak, udara yang kita hirup, cahaya matahari yang menyinari kita, keluarga yang kita cintai, pekerjaan yang kita jalani, rumah yang kita tempati, makanan yang kita santap, air yang kita minum dan lain-lain.

Jika kita renungkan, kenikmatan yang kita terima selama ini sungguh sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi jika kita jabarkan dalam bentuk angka, maka tentu saja kita tidak bisa menghitung banyaknya kenikmatan tersebut. Coba kita bayangkan, betapa bahagianya hidup ini.

Terkadang kita kurang bersyukur dengan kebahagiaan yang kita miliki. Karena kebahagiaan itu sudah terlalu biasa, kita menjadi lupa kalau itu adalah kebahagiaan. Dan, malah kita juga sering mengeluh. Coba renungkan saja, dengan nikmat yang diberikan sebanyak itu, kita terkadang masih mengeluh dalam hidup ini.

Jika kita sering mengeluh dalam hidup ini, maka kesulitan yang kita hadapi akan semakin bertambah. Namun, jika kita banyak bersyukur maka Allah SWT akan menambah kenikmatan kita.

Jadi, sangat penting sekali untuk bersyukur dalam hidup ini. Perlu Anda ketahui, banyak orang-orang sukses di dunia ini yang mempraktekkan syukur setiap hari dan hasilnya luar biasa sekali, ada yang mendadak jadi kaya, ada yang sembuh dari penyakit, ada yang setiap harinya dia mendapatkan kebahagiaan demi kebahagiaan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan bagaimana caranya mempraktekkan syukur setiap hari, mulai dari Anda bangun tidur sampai Anda tidur kembali di malam hari. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

1. Bersyukurlah ketika bangun tidur

Pada saat bangun tidur di pagi hari, coba Anda hirup napas panjang. Kemudian, ucapkan alhamdulillah dari lubuk hati Anda yang paling dalam sebagai bentuk rasa syukur Anda kepada Tuhan. Mengapa Anda harus bersyukur ketika Bangun Tidur ? Coba Anda renungkan, jika Anda masih terbagung di pagi hari, itu artinya Tuhan masih mempercayakan Anda untuk hidup. Maka dari itu, Anda perlu mensyukurinya.

Kemudian, pada saat Anda pergi ke kamar mandi, ucapkan syukur kembali atas lantai yang Anda pijak, air yang tersedia untuk Anda mandi, sabun Anda, shampo Anda, dan semua yang ada di kamar mandi Anda. Kemudian, setelah Anda mandi, ucapkan lagi rasa syukur karena badan Anda segar dan bersih setelah mandi.

2. Tulis 10 hal yang Anda syukuri setiap hari

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menulis 10 hal yang Anda syukuri setiap hari. Coba sediakan sediakan sebuah buku, lalu tulislah 10 hal yang Anda miliki beserta alasan yang membuat Anda bersyukur dengan hal yang Anda miliki tersebut. Usahakan konsisten menulisnya setiap hari. Adapun cara menulisnya yaitu seperti dibawah ini :

  • Saya sangat bersyukur punya laptop karena dengan laptop saya bisa mengerjakan tugas, menambah ilmu dan lain-lain
  • Saya sangat bersyukur punya ………..karena dengan ………….saya bisa ……………………….
  • Saya sangat bersyukur atas ………karena dengan ………saya bisa ……………………….

3. Bersyukurlah atas semua orang yang hadir dalam hidup Anda

Anda juga perlu sering-sering mengucapkan rasa syukur atas semua orang yang hadir dalam hidup Anda, terutama orang tua yang tanpa pamrih berusaha agar Anda sukses dan selalu bahagia. Orang yang peduli disaat Anda ada masalah. Dan, orang yang merasa sedih disaat Anda meneteskan air mata.

Selain itu, ucapkan juga rasa syukur Anda atas saudara Anda yang selalu berbagi suka dan duka dengan Anda, teman Anda yang mengisi hari Anda menjadi tidak suntuk, tetangga Anda, karyawan toko disaat Anda belanja, supir dari bus yang Anda naiki. Coba bayangkan jika semua orang tersebut tidak ada, bagaimanakah kehidupan Anda ?

4. Bersyukurlah saat Anda bekerja

Coba ucapkan juga rasa syukur atas apapun pekerjaan yang Anda jalani. Coba Anda bayangkan ya, uang yang Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda diperoleh dari pekerjaan yang Anda jalani. Untuk itu, ucapkanlah rasa syukur ketika Anda sedang bekerja.

Ucapkan rasa syukur atas semua peralatan yang ada di ruangan kerja anda, seperti meja, kursi, komputer, dan lain-lain. Coba Anda renungkan, betapa bahagianya memiliki pekerjaan. Dengan bekerja, Anda bisa mengusir rasa suntuk Anda. Di tempat kerja, Anda memiliki rekan kerja yang membuat suasana kerja Anda lebih menyenangkan. Coba syukuri itu semua.

5. Bersyukurlah atas tubuh yang Anda miliki

Dalam hidup ini, kita perlu menyadari bahwa tubuh yang kita miliki ini adalah salah satu anugerah Tuhan yang sangat tidak terhingga. Tubuh yang kita miliki ini merupakan tubuh yang sungguh luar biasa. Dengan tubuh yang kita miliki ini, kita bisa melakukan banyak hal.

Coba Anda bayangkan, betapa ajaibnya tubuh yang Anda miliki. Mulai dari otak yang kemampuannya tidak tertandingi oleh super komputer manapun, mata yang membuat Anda bisa melihat warna warni dunia, telinga yang membuat Anda bisa mendengar perkataan orang lain, lidah yang membuat Anda bisa merasakan apa yang Anda makan, hidung yang membuat Anda bisa bernapas dan mencium bau, lalu triliunan sel yang bekerja tanpa henti, dan banyak lagi. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mensyukuri tubuh yang kita miliki.

6. Bersyukurlah atas makanan dan minuman Anda

Setiap kali Anda mau makan dan minum, ucapkanlah syukur atas makanan dan minuman yang diberikan Tuhan kepada Anda. Coba rasakan betapa sayangnya Tuhan kepada Anda. Dia memberikan makanan yang sangat nikmat kepada Anda. Kemudian, setelah makan coba rasakan begitu bahagianya Anda ketika perut Anda sudah kenyang dan kerongkongan Anda sudah tidak dahaga lagi, syukurilah itu semua.

7. Bersyukurlah atas ilmu yang Anda peroleh

Kehidupan ini terasa sangat indah dengan ilmu yang kita miliki. Dengan ilmu membaca, kita bisa banyak tahu tentang berjuta fenomena yang ada di dunia ini. Itu baru untuk satu ilmu, coba Anda bayangkan, berapa banyak ilmu berharga yang kita peroleh selama ini. Dan, seberapa besar ilmu tersebut membantu aktifitas kita.

Untuk itu, bersyukurlah atas semua ilmu yang Anda miliki, pengalaman Anda, guru-guru Anda, buku-buku yang Anda miliki dan pendidikan yang Anda capai selama ini.

8. Bersyukurlah atas uang yang Anda miliki

Uang adalah salah satu rezeki yang diberikan Tuhan kepada Anda. Meskipun uang bukanlah segalanya, namun uang yang Anda miliki itu sangat berpengaruh bagi kehidupan Anda. Coba anda bayangkan, dengan uang tersebut Anda bisa membeli barang-barang yang Anda butuhkan. Jadi, bersyukurlah atas uang yang Anda miliki, hal ini akan membuat Anda merasa sangat bahagia.

Anda akan lebih bahagia jika Anda mensedekahkan sebagian uang Anda kepada anak yatim ataupun orang yang tidak mampu. Hal ini akan membuat Anda merasakan begitu berharganya kehidupan ini ketika Anda menolong orang lain dengan uang yang Anda miliki. Selain itu, dengan bersedekah Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam hidup.

9. Bersyukurlah atas impian Anda

Coba Anda rasakan begitu bahagianya kita memiliki banyak impian, baik itu untuk impian yang sudah tercapai maupun impian yang belum tercapai. Coba Anda bayangkan, dengan memiliki impian, kita menjadi bersemangat dalam hidup ini. Coba seandainya kita tidak memiliki impian, tentu saja hidup ini akan terasa hampa. Untuk itu, bersyukurlah atas impian yang Anda miliki

10. Bersyukurlah atas alam yang begitu indah untuk dinikmati

Jika kita renungkan, alam ini tercipta begitu indah untuk kita. Semua yang kita butuhkan ada di alam. Ketika Anda butuh cahaya kehangatan, Anda bisa mendapatkan dari cahaya matahari. Ketika Anda merasa kekeringan, ada air hujan yang turun.

Kemudian, ada udara segar yang bisa Anda hirup setiap saat, lalu ada tanah tempat Anda berpijak. Dan, ada juga pemandangan dan fenonema alam lainnya yang sangat indah. Untuk itu, bersyukurlah atas alam yang telah diciptakan Tuhan untuk kita.

11. Bersyukurlah disaat Anda sedang mendapatkan masalah

Mungkin Anda akan merasa heran mengapa saya mengajak Anda bersyukur disaat Anda sedang mendapatkan masalah. Jadi begini, disaat Anda mendapatkan masalah, coba syukuri hal positif yang Anda dapatkan dari masalah itu, contohnya Anda dipecat, lalu coba katakan pada diri Anda seperti ini :

  • Aku sungguh-sungguh bersyukur kehilangan pekerjaan. Karena, dengan kehilangan pekerjaan, aku menyadari betapa besar artinya memiliki pekerjaan. Aku belum pernah menyadari itu sampai sekarang.
  • Saat ini aku sangat bersyukur bisa liburan bersama keluarga ku. Karena, selama ini aku sibuk dengan pekerjaanku. Dengan liburan seperti ini, membuat otakku yang terkuras selama ini menjadi lebih rileks dan bersemangat untuk mencari kerja lagi.
  • Aku sangat bersyukur karena pernah punya pekerjaan di sebagian besar hidupku. Hal itu membuat aku mendapatkan banyak pengalaman dan juga ilmu

Jadi, dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa dalam keadaan apapun kita tetap harus bersyukur. Perlu kita ingat, setiap masalah yang menimpa kita itu tidak sepenuhnya negatif, pasti ada hal positif dibalik masalah yang terjadi itu. Jika kita mencoba mensyukuri hal positif dari masalah yang kita hadapi maka otak kita akan terbiasa untuk berfikir positif terhadap semua persoalan yang kita hadapi.

Dalam hal ini, tentu timbul pertanyaan bagaimana kalau kita sudah mencoba mensyukuri hal positif dari masalah yang kita hadapi agar otak kita akan terbiasa untuk berfikir positif namun kita tetap tidak bisa terima dengan hal negatif dari masalah itu, lalu membuat kita hanya terfokus pada hal negatif dari masalah itu?

Jadi, jika kita renungkan hal negatif dari masalah yang kita hadapi itu bukanlah benar-benar negatif. Sesungguhnya dari hal negatif dari masalah yang kita hadapi itu bisa kita jadikan pembelajaran. Hal ini akan membentuk jiwa kita menjadi lebih tegar dan dewasa. Jadi, kita tidak perlu menyesali masalah yang terjadi saja. Syukuri saja hal tersebut dan jadikan pembelajaran.

12. Bersyukurlah disaat Anda mau tidur

Sebelum Anda tidur, coba ucapkan syukur atas apa yang Anda telah lalui hari ini. Coba ingat-ingat hal bermanfaat apa yang Anda kerjakan hari ini, seperti bahagianya beribadah, membantu orang lain, membersihkan rumah, membuat orang tua Anda ketawa, menghibur teman Anda yang sedang sedih, meminjamkan benda yang sangat dibutuhkan orang lain dan lain-lain.

Dengan mensyukuri semua itu, maka hati Anda akan terasa sangat bahagia dan tidur Anda menjadi sangat nyenyak. Besoknya, pada saat Anda terbangun di pagi hari, Anda akan merasa segar dan bersemangat. Untuk itu, cobalah rutin mengucapkan syukur sebelum tidur.